JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan tiga langkah dalam rangka pencegahan meluasnya penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh mengungkapkan, tiga langkah ini bisa dilakukan sebagai ikhtiar, disamping meningkatkan ibadah kepada Allah dan berdoa memohon agar pandemi corona berakhir.

“Menguatkan pelaksanaan ibadah, ibadah rumah, kegiatan kita seiring berjalan dengan pencegahan penyebaran covid-19 dengan tiga langkah,” Asrorun dalam live streaming konferensi pers lintas agama terkait pandemi corona di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Langkah pertama, kata Asrorun, adalah pencegahan atau memutus mata rantai virus corona bisa dilakukan dengan cari tetap berada di rumah selama pandemi tersebut berlangsung.

Kedua, lanjut Asrorun, melakukan Physical Distancing atau jaga jarak diri dengan orang lain. Mengingat, penyebaran corona melalui droplet atau percikan bersin atau batuk seseorang yang positif terjangkit.

“Kita menjaga jarak, menjaga jarak dari kerumunan untuk kepentingan,” ujar Asrorun.

Dan terakhir, masyarakat juga harus terus menjaga dan melakukan pola hidup sehat dalam mencegah penularan virus corona.

“Pesan universal keagaamaan adalah menjaga kesehatan, kesehatan tujuan utama kita untuk kemasalahatan bersama,” tutup Asrorun.

Perhatikan TogelCC