Pokerace99 – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali resmi menunjuk Rumah Sakit (RS) Universitas Udayana (Unud), sebagai tempat khusus penanganan pasien virus corona atau Covid-19.

“Telah disepakati, Pemprov Bali dan Unud menunjuk RS PTN Unud sebagai RS khusus untuk melaksanakan perawatan, penanganan PDP dan pasien positif covid-19,” kata Satgas Penanganan Covid-19 di Bali yang diketuai Sekretaris Daerah Dewa Made Indra, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Setelah ditunjuk, Dewa Made menyebut, pihaknya, saat ini sedang melakukan persiapan-persiapan dan diharapkan dalam satu minggu kedepan sudah siap digunakan untuk pasien.

Kemudian, Dewa Made mengungkapkan, kebijakan Pemprov Bali saat ini adalah, terus memperketat karantina bagi pekerjan yang pulang dari luar negeri terutama yang baru pulang dari 10 negara terjangkit yang telah diumumkan pemerintah.

“Atau dari negara lain tetapi dalam riwayat perjalanannya 14 hari terakhir pernah singgah di negara terjangkit, juga harus menjalani karantina. Untuk itu orang tua, kerabat dan masyarakat menerima dengan baik kebijakan ini karena ini tanggung jawab kita bersama,” ucap Dewa Made.

Kemudian, Pemprov Bali juga terus mengupayakan penggunaan PCR dan juga rapid test untuk mempercepat pengujian atau tes baik pada PDP maupun ODP.

“Sehingga lebih cepat melakukan penanganan selanjutnya dan kepastian status orang tersebut,” tutup Dewa Made.

(wal)