Berbagai cara diupayan pemerintah dalam mengentaskan pandemi virus corona (COVID-19). Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi Ingat Lindungi .

“Aplikasi ini kami pastikan hendak berguna untuk memastikan masyarakat pandangan bahwa di lingkungannya ada daya pembawa virus COVID-19, ” ujar Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Johnny G Plate di Graha BNPB, Sabtu (18/4/2020).

“Aplikasi ini aman, aplikasi ini di develop oleh budak bangsa. Aplikasi ini telah mampu di download di Google Playstore untuk Android dan App Playstore untuk IOS, ” tambahnya.

Oleh sebab itu Menkominfo mengajak masyarakat untuk mendownload pelaksanaan Peduli Lindungi pada smartphonenya masing-masing. Ia mengatakan masyarakat tak menetapkan khawatir perihal sistem keamanan dengan ada dalam aplikasi tersebut, pasalnya terdapat perlindungan atas data yang telah diberikan masyarakat.

“Aplikasi ini aman karena data-data terkait dengan bahan pribadi, perlindungan atas data pribadi telah kami lindungi melalui keputusan menteri dan menugaskan serta memandang semua pihak yang mengelola pelaksanaan ini untuk melakukan pemebersihan atau menghapus keseluruhan data pada masa darurat kesehatan ini berakhir, ” lanjutnya.

Sementara lupa satu yang sudah mengunduh penggunaan Peduli Lindungi, Nia mengatakan penggunaan Peduli Lindungi sangat bermanfaat buat warga yang masih ke sungguh rumah.

“Aplikasi ini mungkin cocok buat orang yang masih bepergian cukup jauh semasa masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), ” ujar Nia pada Okezone.

Namun ia juga memerhatikan beberapa hal mengenai penggunaan penerapan Peduli Lindungi. Nia merasa masa menggunakan aplikasi tersebut, baterai smartphonenya menjadi semakin boros.

“Baterai smartphone jadi cepat beres kalau aktifkan aplikasi ini. Walaupun sudah pakai fitur battery saving tetap aja boros karena bluetooth sama GPS nya menyala tetap. Kalau dipakai buat nonton Youtube atau main game smartphonenya menjelma cepat panas. Jadi lebih indah dimatikan saja kalau lagi isolasi mandiri di rumah, ” tuntasnya.

Sementara itu Hina yang merupakan warga Tanjung Priok memuji pemerintah yang inovatif pada memproteksi masyarakat dari virus corona. Ia mengatakan aplikasi itu meluluskan gambaran tentang potensi penularan corona.

“Jadi saya tahu bahwa misalnya di wilayah tersebut atau itu berpotensi menularkan corona. Jadi aplikasi Peduli Lindungi itu membantu saya memproteksi diri, ” ucapnya.

(abp)