JAKARTA – Wilayah Indonesia akan bisa melihat fenomena komet NEOWISE di dalam pekan ini. Lembaga Penerbangan & Antariksa Nasional (LAPAN) melalui akun Instagram pussainsa_lapan mengungkap komet C/2020 F3 (NEOWISE) yang akan melintasi Indonesia.

“Di Indonesia, komet ini baru dapat dilihat mulai tanggal 19 hingga 25 Juli 2020 setelah matahari terbenam, ” tulis akun pussainsa_lapan.

Lebih lanjut LAPAN mengungkap bahwa waktu terbaik buat mengamati komet ini yaitu di tanggal 23 Juli 2020. Komet akan mulai sulit dilihat dalam tanggal 26 Juli 2020.

LAPAN menjelaskan bahwa petunjuk komet ini akan terlihat secara kasat mata, tetapi komet bakal semakin sulit dilihat di kawasan yang memiliki polusi cahaya mulia.

Baca selalu: Proses Penciptaan Manusia Dijelaskan dalam Al – quran

“Supaya lebih jelas dalam mengamati fenomena antariksa ini akan lebih baik bila menggunakan alat bantu pengamatan bagaikan kamera digital dengan kepekaan cahaya yang tinggi, binokular, dan teleskop. Dan tentunya tidak ada pokok yang menghalangi horizon di ajaran barat laut, ” terang LAPAN.

Fenomena antariksa ini cukup langka karena setelah menempuh perjalanan dengan sangat jauh dan mencapai bintik terdekatnya dengan Bumi pada 23 Juli 2020. Menurut LAPAN, kemaluan 6800 tahun lagi untuk komet NEOWISE bisa bertemu kembali mendekati orbit Bumi.

(ahl)

Loading…