Nia Iskandar Dinata, itulah nama panggilan dari cucu seorang pahlawan nasional. Nama asli Nia sendiri adalah Nurkuriati Aisyah Dewi. Nia lebih dikenal publik jadi seorang sutradari yang sudah banyak membuat karya film dari tarikh 2002-sekarang.

Wanita kelahiran Jakarta, 4 Maret 1969 itu adalah cucu dari seorang hero nasional yaitu Otto Iskandar Dinata. Pahlawan berdarah Sunda ini Lahir di Bojongsoang, Bandung, Jawa Barat pada 31 Maret 189. Otto menjadi sekretaris pengurus besar mematok ketua Paguyuban Pasundan. Otto menjadi guru di HIS banjarnegara, Jawa tengah dikarenakan Otto merupakan keluaran dari Hogere Kweekschool (Sekolah Pengasuh bagian atas).

Seiring berjalannya waktu, Otto menemukan pasangan hidupnya yaitu Soekirah dan menikah pada tahun 1923. Otto kurang bertambah memiliki 11 orang anak sebab hasil pernikahan dengan soekirah, serta salah satunya ialah dicky Iskandardinata yang merupakan ayah dari Nia Dinata.

Baca juga: Biutifulnya Amanda Caesa, Anak Parto dengan Jadi Rebutan Dul Jaelani & Rizky Febian

Kini Nia yang merupakan seorang sutradara lulusan college elizabeth, Pennsylvania, Amerika Serikat (1992) dan madrasah film program NYU Tisch School Of Art, Amerika Serikat (1993). Berkat pendidikan yang ia tangkap, kini berhasil membuat perusahaan film independen Kalyana Shira Film dengan didirikan pada awal tahun 2000.

Ia lalu menjadi sutradara film Ca Bau Membangun (2002) yang diangkat dari novelis remi sylado. Film tersebut menyingkapkan tentang pejuangan kebangsaan Tionghua, dengan setting ceritanya diambil pada tahun 1930-an. Dari film ini, Nia berhasil menyabet berbagai penghargaan daripada berbagai festival internasional.

(kem. -)