PERUBAHAN cuaca serta suhu memang memiliki peran gede terhadap sistem imunitas tubuh. Makin, Indonesia tengah menghadapi perubahan musim yang esktrem, lantaran adanya badai La Nina di wilayah pasifik tengah dan timur.

Perubahan cuaca ekstrem tersebut, tentu saja membuat kekhawatiran lantaran menggembala imunitas adalah salah satu cara mengkal Covid-19. Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka di Amerika, cuaca dingin itu peringatan serius untuk semua orang. Sebab, wabah akan semakin menakutkan.

“Kita semua mesti berpengaruh melewati musim dingin ini sebab memang tidak akan mudah, ” kata Fauci yang merupakan penasihat National Institute of Allergies and Infectious Diseases, pada Harvard Medical School, belum lama ini.

Robert Redfield, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) pun mengklaim bahwa kondisi pandemi akan sangat buruk di musim dingin. Penjelasan itu dia lontarkan kepada Journal of American Medical Association.

“Musim gugur dan musim dingin (sekitar bulan Oktober hingga Desember) mungkin akan menjadi lengah satu masa paling sulit berpatokan pengalaman kami mengatasi pandemi dalam kesehatan masyarakat Amerika, ” terangnya, menurut laporan Huffpost.

Baca Selengkapnya: Cegah Covid-19, Dokter Imbau Segera Menjauh lantaran Orang Batuk dan Bersin

(mrt)