Covid-19 jenis baru yang mulai menyebar di beberapa negara membuat kekhawatiran di tengah pandemi yang belum mereda. Indonesia sendiri melalui Spesialis Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengucapkan dengan tegas menutup pintu sejak dan ke Inggris karena temuan tersebut.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun berbicara soal temuan Covid-19 jenis pertama tersebut. Menurutnya, saat ini pihaknya sedang membuat tim ahli dengan akan mengkaji lebih jauh perkara Covid-19 jenis baru tersebut.

pandemi Covid-19

“Kami sudah meminta ahli mikrobiologi kedokteran di Kemenkes untuk meneliti strain tersebut, karena ini kudu dilakukan kajian secara scientific, ” terangnya dalam Webinar, Jumat (25/12/2020).

Meski sudah banyak informasi mengenai Covid-19 jenis baru, dia meminta biar publik jangan terburu-buru untuk menegah atau menerima informasi tersebut. “Ini sangat teknis bilogis kedokteran sifatnya, jadi kami harus konsultasikan zaman ke ahli segera, ” tambahnya.

Dari para terampil tersebutlah nanti akan ada penjelasan yang pasti mengenai Covid-19 jenis baru tersebut. “Dari hasil kajian para ahli itu lah nantinya akan didapati apa yang sebenarnya terjadi, ” sambung Menkes Budi.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menjelaskan bahwa daripada membahas Covid-19 jenis baru ini, ada baiknya klub lebih memberikan perhatian pada 3M sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Jadi, komunikasi meyakinkan itu lebih penting daripada menetapkan isu mutasi Covid-19 ini. Mewujudkan orang lebih care pada 3M (mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, & menjaga jarak aman) lebih jalan daripada bahas isu strain anyar ini, ” terang Wamenkes Dante di acara yang sama.

(DRM)