PEMERINTAH Indonesia meyakinkan distribusi vaksin akan dilakukan secara merata dan bertahap, dimulai keadaan ini hingga Maret 2022 mendatang. Hal tersebut disampaikan secara tepat oleh Juru Bicara Vaksin Covid-19 PT Biofarma, Bambang Herianto.

“Mulai hari ini vaksin akan didistribusikan ke 34 provinsi, ” tutur Bambang dalam konferensi pers yang dilakukan secara daring, Minggu (3/1/2021).

Bambang optimis setiap daerah bakal menerima vaksin Covid-19 dengan iklim yang baik, karena ini bukan pertama kalinya pemerintah maupun Bio Farma melakukan program vaksinasi secara merata di seluruh Indonesia.

Ia pun memastikan proses pendistribusian vaksin bisa berjalan dengan lancar, karena pihaknya telah menyiapkan skema ‘rantai dingin’ yang diklaim dapat menjaga nilai vaksin.

“Sudah ada rantai dingin dengan suhu 2-8 derajat celcius, sehingga ketika vaksin diterima daerah, mutu dan kualitasnya tetap terjaga. Proses distribusinya juga melibatkan sejumlah pihak baik tengah, provinsi, kabupaten/kota, hingga ke level puskesmas, ” kata Bambang.

(mrt)