PROGRAM vaksinasi covid-19 dengan massal telah dimulai dalam Indonesia. Ini dilakukan perlu menghentikan persebaran virus corona yang makin luas.

Walau demikian, sampai saat ini masih ada saja orang yang bingung secara vaksinasi. Ada di jarang mereka yang belum bisa membedakan vaksinasi dan imunisasi.

Baca juga: Menkes Budi Sebut Vaksinasi Covid-19 saat Ini Masih Jadi Latihan bagi Nakes

Terkait kejadian ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan bahwa keduanya memiliki memperlawankan.

Vaksinasi merupakan prosedur memasukkan vaksin ke tubuh dengan tujuan membakar sistem imun tubuh. Ini bisa memproduksi imunitas kepada suatu penyakit.

Antusiasme Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19

“Sementara imunisasi adalah proses yang membuat tubuh manusia terlindung dari suatu penyakit menggunakan proses vaksinasi. Imunisasi berisi dari imunisasi aktif dan pasif, ” jelas BPOM, seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram-nya @bpom_ri.

Membaca juga: Vaksinasi Covid-19 di Anak, Kemenkes Tunggu Rekomendasi Lembaga Terkait

Imunisasi aktif akan menghasilkan antibodi sebagai bentuk kekebalan awak terhadap penyakit setelah memperoleh vaksinasi. Sedangkan imunisasi stagnan pemberian antibodi dari seseorang yang sudah kebal terhadap penyakit kepada seseorang yang belum kebal.

“Kesimpulannya, vaksinasi merupakan bagian dari imunisasi. Meski secara definisi berbeda, keduanya sama-sama dibutuhkan untuk membentuk kekuatan tubuh terhadap suatu aib, ” terang unggahan BPOM itu.

(han)