PENYANYI Demi Lovato menjelma pusat perhatian setelah mencanangkan dirinya sebagai non-binary atau non-biner. Kabar ini dia sampaikan langsung melalui unggahan di akun Twitter-nya.

“Hari ini adalah hari di mana hamba sangat senang untuk berbagi lebih banyak tentang hidupku dengan kalian semua. Ego bangga untuk memberi terang kalian bahwa aku mengidentifikasi sebagai non-biner, ” ungkap Demi Lovato.

Menyuarakan juga: Demi Lovato Umumkan Diri Sebagai Non-Biner, Bukan Laki-laki atau Perempuan

Demi Lovato tidak bakal menggunakan sapaan yang membuktikan gender seperti she (sapaan untuk jenis kelamin perempuan), melainkan they/them (mereka).

“Secara resmi hendak mengubah kata ganti aku menjadi they/them di era mendatang, ” tulisnya.

Demi Lovato.

Lantas, apa itu non-biner?

Dikutip dari laman Webmd , Jumat (21/5/2021), non-biner merupakan istilah umum untuk identitas gender yang tidak merujuk spesifik pada satu diantara gender laki-laki atau rani.

Sebagian karakter merasa tidak ada individualitas gender yang cocok dengan mereka. Orang-orang ini dianggap non-biner, karena tidak mengidentifikasi sebagai bagian dari biner gender pria atau wanita.

Membaca juga: 5 OOTD Red Carpet Demi Lovato dengan Baru Umumkan Dirinya Non-Biner, Bukan Pria atau Perempuan

Nama non-biner bisa berarti dua hal. Pertama, bisa menunjuk pada jenis kelamin karakter yang non-biner, mirip dengan istilah “jenis kelamin perempuan” atau “jenis kelamin laki-laki”. Kedua, ini bisa menunjuk pada berhubungan seks secara orang non-biner.

Non-biner juga dieja non-binary dan terkadang disingkat menjelma “NB” atau “enby”. Orang non-biner juga sering mengidentifikasi sebagai gender-nonconforming.