SEMENJAK menjelma juri di kompetisi memasak paling bergengsi MasterChef Indonesia, Chef Renatta Moeloek lulus menjadi idola baru di kalangan masyarakat. Tidak cuma karena kepiawaiannya memasak, raut ayunya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Mungkin sebagian orang sudah bertanya-tanya tentang siapa sosok yang menjadi panutan serta menginspirasi dirinya menjadi seorang chef. Seolah menjawab peristiwa tersebut, Chef Renatta membagikan konten mengenai siapa wujud pria paling berharga di hidupnya melalui unggahan pada akun Instagram miliknya @renattamoeloek.

Baca juga: Chef Renatta Moeloek Pernah Gendut, Deddy Corbuzier Kaget Menentang Fotonya!

Chef Renatta Moeloek dan kakeknya. (Foto: Instagram @renattamoeloek)

Tampak pada foto ialah sosok aki alias eyang Chef Renatta yang ternyata merupakan salah satu wujud pria paling berharga di dalam hidupnya. Chef Renatta lantas menceritakan tentang bagaimana wujud kakeknya tersebut melalui caption yang ia tuliskan.

“Coba km pikirkan ya, renna. Kita itu makan karena perlu, tapi untuk makan aja kita diberikan berbagai ragam sumber mau tumbuhan, hewan, sampai bawang2an, rempah, bahan dari alam. Kita diberi akal untuk bisa berkelakuan itu jadi berbagai ragam hidangan. Selain makan sebab memang perlu, kita diberi semua indra untuk menikmati sampai begini. ” Cakap aki, sambil sibuk & teliti membersihkan seluruh sisa pepes ikan dari tangkas belulang dan jari jemarinya. Bumbu pepes yg tersisa menempel di daun banana dia bersihkan lagi dengan kukusan sukun dengan hati putih dari kebun dia sendiri.

Kalo sudah prasmanan, aki selalu paling final ada di meja, emut2 tulang, gigit2 tulang amunisi ikan, mencampur padu kondimen2 di meja, ini dicocol itu, yg itu dicocol ini. Pokoknya sibuk & fokus. Kadang liat tempat makan bikin saya maka pingin makan lagi. Susunan sama dia cukup periode pas kecil, mungkin minus sadar dia memegang posisi yg besar dalam membentuk apresiasi saya sama sasaran. Dia juga suka berkebun, mulai dari kecil sampai lama2 cukup hardcore. Seluruh dia tanam, dan semuanya tumbuh. Dia kirim ke saya hasil panennya. Lantaran sukun, singkong, alpukat, butternut, pare, anggur, bayam abang, kenikir, pisang, kelapa, buah2 eksotis, semua. Dia makin suka ke gunung dan foraging, tiba2 bawa kenari, dsb. Kebahagian dia banget kalo dia kirim objek, lalu saya olah untuk event2 popup atau private dining saya. Saya memindahkan foto makanannya, dia bahagia bgt. Kadang sambil tertawa karena ga selalu haluan makanan yg saya bakal.

Waktu edible flowers tiba2 trending, dia ikut menanam juga, kirim ke saya; nih renna, katanya teristimewa ngetrend ya bunga2 tersebut. Saya juga paling senang ketika menjelaskan makanan ke customer dan bisa bilang dengan bangga, kondimen tersebut dari kebun kakek hamba, dia yg tanam sendiri. Sekarang kalo lihat chat history saya dan aki, yg dibahas cuma makanan dan tumbuhan. He’s such a great man. Selalu bahagia sama hal2 mungil yg secara sederhana sudah ada didepan mata, kelihatan very simple minded, tapi kalo ngobrol, filosofinya di dalam sekali.

Aki adalah karakter hebat di mata saya, kalo saya pikir2, tempat keren juga. ”

Menyuarakan juga: Chef Renatta Moeloek Kaget Banyak Fake Sosialita, Bayar Foto Seolah Punya Jet Pribadi