MUSISI Erdian Aji Prihartanto atau Anji ditangkap setelah terbukti mengonsumi narkoba. Dia ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, Anji ditangkap dengan barang bukti narkotika dengan diduga ganja. Ganja tunggal memang kerap menjadi Narkoba yang digunakan oleh kaum artis.

Selain Anji, kurang selebriti sempat terseret kasus narkoba gara-gara ganja. Di antaranya saja ada Dwi Sasono, Rifat Umar, Fachri Albar, Ozzy Albar, hingga Jefri Nichol.

Langsung, apa itu ganja serta bagaimana efeknya kepada tubuh? Berikut fakta-fakta ganja dirangkum dari Drug Abuse.

Ganja

Bisa Dimakan

Ganja merupakan jenis narkoba yang menggunakan tanaman Cannabis sativa atau Cannabis indica. Tanaman ini mengandung THC kimia yang mengubah budi dan senyawa serupa lainnya.

Ketika seseorang merokok ganja, THC secara cepat berpindah dari peparu ke aliran darah. Tersebut, kemudian membawa bahan kimia tersebut ke otak & organ-organ lain ke semesta tubuh.

Tetapi, THC akan lebih payah diserap tubuh ketika penggunaannya dengan cara dimakan atau diminum. Umumnya, efek dibanding ganja tersebut dapat terasa setelah 30 menit tenggat 1 jam.

Halusinasi dan delusi

Ganja memiliki efek jangka rendah dan jangka panjang seandainya rutin menggunakannya. Ganja bertambah mengaktifkan bagian otak yang mengandung jumlah reseptor tertinggi. Inilah yang menyebabkan narkoba ini membuat pemakainya “nge-fly”.

Sejumlah buah jangka pendeknya di antaranya indera yang berubah, modifikasi suasana hati, kesulitan di berpikir dan memecahkan perkara, memori atau ingatan yang terganggu, halusinasi dan delusi jika dikonsumsi dengan dosis tinggi, hingga psikosis.