ALIH -alih berakhir, pandemi covid-19 dengan sudah berlangsung 1 tarikh lebih di Indonesia ini justru makin memprihatinkan. Kejadian positif covid-19 dilaporkan naik dengan sangat cepat. Ditambah, muncul banyak mutasi varian baru.

Dengan situasi sulit seperti zaman ini, wajar rasanya bila banyak orang merasa drop. Mereka merasa kesehatan mentalnya begitu terhantam hingga kesimpulannya depresi, baik terhadap muncul sendiri ataupun keadaan dengan serba-tidak pasti.

Membaca juga: Covid-19 Melonjak, Kepala IDAI Tidak Izinkan Anak-Anak Sekolah Tatap Muka

Perubahan pola hidup bisa memicu datangnya stres. Bila tidak dikelola dengan cantik, maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental.

Lantas, apa yang bisa dilakukan apabila ngerasa depresi akibat situasi pandemi covid-19 seperti saat tersebut?

Psikolog klinis Zarra Dwi Monica MPsi mengatakan, lengah satu cara mengatasi kemunduran akibat covid-19, pertama yakni berusaha menenangkan diri meniti teknik pernapasan dan mind control.

“Tarik napas sejenak dan jika fokus pada apa dengan bisa kita kontrol, rupanya mencemaskan yang enggak bisa kita kontrol. Misalnya, coba adaptasi dengan rutinitas stay at home ini secara melakukan aktivitas menyenangkan pada rumah, membangun kedekatan dan koneksi dengan keluarga. Maka keinginan untuk berkegiatan di luar rumah dapat diminimalisasi kalau tidak terlalu penting, ” ujar Zarra kepada MNC Palang , Sabtu (19/6/2021).

Baca selalu: Cuma AstraZeneca yang Efektif Hadapi Varian Delta, Dengan jalan apa 2 Lainnya?

Cara kedua yakni belajar melepaskan, merelakan, hal-hal di luar kontrol nama lain sesuatu yang memang tidak bisa kita kendalikan.

“Untuk hal-hal dengan tidak bisa dikontrol, kita coba untuk lepaskan, nama lain let it go. Mempertimbangkan, yang enggak bisa dikontrol itu hanya akan menyusun cemas kalau kita pikirkan. Sementara mau dicemaskan setiap detik pun, tetap hal-hal itu di luar dominasi kita, ” jelas Zarra.

Cara ke-3, saran dia, tetap peraturan mematuhi protokol kesehatan serta menjalankan pola hidup bersih serta sehat. Jangan lengah juga meluangkan waktu untuk melakukan self-care.

(han)