MALANG – Imbauan pemerintah untuk tidak mudik jawab mencegah penyebaran virus corona, boleh sulit direspon oleh masyarakat lantaran telah menjadi tradisi dan peradaban, yang tidak bisa dipisahkan daripada masyarakat.

Ada sebesar hal yang perlu diperhatikan masa anda tetap nekat mudik aman dan sehat ke kampung halaman. Berikut sejumlah tipsnya yang dirangkum okezone.

1. Gunakan Masker

ilustrasi

Masker menjadi salah satu hal dengan paling penting digunakan saat pegangan. Sifat virus yang berada pada udara membuat rawan para pemudik tertular virus, dengan masker yang menutupi mulut dan hidung diharapkan bisa mencegah resiko tersebut.

“Bagi masyarakat yang tentu mudik untuk mencegah transmisi virus, diharuskan pakai masker, ” ucap Pakar Virus Universitas Brawijaya (UB) dr. Andrew William Tulle.

Tapi tentu tidak sewenang-wenang masker, usahakan masker standar dengan benar – benar mampu menangkal virus dan bakteri masuk ke hidung dan mulut.

2. Mencuci Tangan secara Sabun

ilustrasi

Tangan menjadi salah satu medium penularan virus corona, terlebih masa tangan kita sering kali memiliki wajah bisa jadi virus akan menempel di organ tubuh kita yang lain.

Pakar virus UB menilai cuci tangan saat meninggalkan dari rumah dan tiba dalam tempat tujuan, menjadi cara efektif menangkal virus bisa hinggap di tubuh kita. Bahkan bila menemukan sarana pencuci tangan dengan sabun di fasilitas publik, hal tersebut perlu dilakukan.

“Cuci tangan dengan sabun atau sanitizer menjadi cara ampuh mencegah patogen dan virus, ” tutur William.

3. Angkat Cairan Antiseptik Pencuci Tangan

Selama diperjalanan kita tak tahu berinteraksi dengan siapa dan memegang apa. Nah tersedia baiknya kita menyiapkan persediaan hand sanitizer atau cairan antiseptik pencuci tangan yang praktis dibawa minus membutuhkan air.

Di setiap kali kita mau makan ataupun minum, biasakan kita menyemprotkan larutan antiseptik tersebut ke tangan biar tampak bersih dari kuman dan virus.