JAKARTA porakporanda China menyiapkan misi luar angkasa Chang’e-7 untuk mempelajari Bulan. Tepatnya, Negeri Tirai Bambu itu merancangkan misi kutub selatan bulan & kampanye kompleks untuk mempelajari komet dan mengembalikan sampel dari asteroid dekat Bumi dengan pengorbit sendiri.

China National Space Administration (CNSA) menyerukan pada akhir Juli untuk siswa universitas, sekolah menengah dan sekolah dasar untuk percobaan sains populer untuk motor ruang angkasa Chang’e-7 dan rencana eksplorasi asteroid dan komet buat sementara bernama ZhengHe.

Melansir dari Space News, pengembangan misi Chang’e-7 mengalami pertambahan. Tahun lalu, CNSA mengeluarkan pekik internasional untuk muatan sains pemungutan sampel asteroid dekat Bumi dan misi mengorbit komet ZengHe, dengan menunjukkan persetujuan resmi proyek tersebut.

Chang’e-7 adalah bagian dari program eksplorasi bulan China yang diperluas yang menargetkan kutub selatan bulan. Berbagai pesawat ruang angkasa Chang’e-7 akan membawa total 23 muatan sains, tetapi konfigurasi masih harus dikonfirmasi, menurut presentasi di Lunar ke-51 dan Planetary Science Conference.

Baca juga: Sejarah Kecil Mengenai Perkembangan Komputer

Misi Chang’e-7 akan terdiri lantaran pengorbit dan pendarat yang hendak mengerahkan rover dan mini-flying probe. Satelit relay akan mendukung misi tersebut. Ini bisa menjadi ragam upgrade dari satelit relai Queqiao untuk misi sisi jauh Kamar Chang’e-4 yang sedang berlangsung.

Saat ini peluncuran direncanakan sekitar 2024 pada peluncur naikkan berat Long March 5. Sementara Chang’e-8, dirancang untuk pemanfaatan sumber daya in-situ dan tes teknologi pencetakan 3D, akan mengikuti sebagai batu loncatan menuju basis robot permanen yang potensial.

(ahl)

Loading…