JAKARTA – Keyboard ponsel akan mendapat pembaruan menarik dengan versi Android 11. Dilansir Android Police, pengguna mau dapat mengisi data atau memasukkan password secara otomatis menggunakan sifat “autofill” yang tersedia pada Gboard maupun keyboard pihak ketiga. Sifat ini memang sudah ada semenjak versi Android 9 Pie, tetapi kali ini akan lebih terintergrasi dan mudah digunakan.

“Mulai Android 11, keyboard dan input-method editors (IME) lainnya sanggup menampilkan saran autofill sebaris, dalam strip saran atau yang seragam, alih-alih sistem menampilkannya dalam menu tarik-turun, ” ucap Android Developer melalui unggahan pada laman sah mereka.

Jalur yang dimaksudkan ini kurang bertambah akan seperti opsi autocorrect di mana pengguna cukup menggeser ke kanan dan kiri untuk melihat seluruh opsi yang diberikan.

Meski otomatis, namun Android Developer mengklaim autofill terbaru tersebut aman untuk digunakan. Melalui unggahan pada laman mereka dikatakan, “karena saran autofill ini dapat menyimpan data pribadi, seperti sandi atau informasi kartu kredit, saran disembunyikan dari IME hingga pengguna memilihnya. ”

Baca juga: Sejarah Singkat Melanggar Perkembangan Jinjing

Maka ini akan tetap sama semacam versi sebelumnya, data pengguna hendak tetap terkunci dan rahasia sebelum digunakan.

Untuk menggunakannya, pengguna sebelumnya harus terlebih dahulu memperbarui keyboard maupun pengelola logat sandi ke versi terbaru. Jika tidak, opsi pengisian masih terang namun ini akan serupa secara versi sebelumnya.

Adapun untuk opsi pengisian ini mampu berlaku untuk mengisi kata sandi, kartu kredit, maupun alamat vila.

(ahl)

Loading…