JAKARTA – Penerapan virtual meeting bisa Anda manfaatkan untuk berkomunikasi dengan rekan kegiatan di tengah pandemi Covid-19. Kaya diketahui, sebagian karyawan perusahaan melayani work from home untuk mencegah penularan virus corona.

Dikutip ZDNET , dibawah ini sepuluh aplikasi yang sanggup Anda gunakan untuk virtual meeting.

Microsoft Teams

Menjadi penerus Skype for Business, yang satu ini hadir sebagai fitur dari Office 365 & dapat diakses gratis. Pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan alamat email dan nantinya dapat memulai pertemuan hingga 300 peserta. Ini penuh dengan akses file bersama (2 GB per pengguna dan 10 GB per tim), berbagi layar, hingga pewarnaan dokumen menggunakan penerapan office online.

Sedangkan untuk akses bertambah besar, tentunya hal itu diperlukan langganan berbayar. Ini menyediakan pengembangan memori berbagi file hingga 1TB per pengguna), menjadwalkan rapat tepat dari Outlook, hingga mendukung sesi pelatihan online dan webinar.

Zoom

Meski sebelumnya sempat menemui masalah privasi pasca booming digunakan di awal tahun ini, nyatanya Zoom tetap memberikan kenyamanan yang dibutuhkan. Aplikasi ini dapat mengangkat pertemuan 1: 1 tanpa batas, atau konferensi video 40 menit untuk 100 orang.

Dengan pengalaman dapat ditingkatkan menjadi panggilan grup, sesi pelatihan dan webinar hingga 1. 000 pengikut dengan tampilan 49 video HD di layar utama. Tentunya penambahan memerlukan akses berbayar per bulan.

Google Hangouts Meet

Dirancang untuk Google Chrome, yang kepala ini sangat terikat dengan akun G Suite. G Suite Basic terbatas untuk akses 100 orang, Business untuk 150 orang, dan Enterprise untuk 250 orang. Istimewa ‘Enterprise’, pengguna dapat mengadakan live streaming untuk 100. 000 pengikut dengan opsi rekam plus penyimpanan Google Drive.

Slack

Jika Anda sudah terhubung dengan bagian kerja berbayar yang berkolaborasi secara Slack, pada dasarnya fitur pokok sudah dapat diakses. Namun untuk panggilan video hanya tersedia di platform desktop saja. Di asing sisi, fitur lain seperti berbagi layar, presentasi dan menggambar pada layar bersama memerlukan aplikasi terpasang.

BlueJeans Meetings

Aplikasi kepala ini mungkin tidak sepopuler Zoom untuk pasar Indonesia, tetapi dia memiliki kualitas sebagai solusi konferensi video. Aplikasi ini didukung Dolby Voice dan memiliki ruang konferensi berbasis Microsoft Teams, Slack, dan Facebook Workplace yang dapat diakses langsung melalui browser.

Ini juga menyediakan layanan live streaming dan presentasi berbasis web bernama BlueJeans Event.

Berbeda dengan Zoom, aplikasi utama ini hanya memiliki akses percuma terbatas selama masa uji coba. Dengan setelahnya pengguna dapat berlangganan dan memilih tiga paket, yakni ‘Me Plan’ (untuk individu serta bisnis kecil) untuk 50 pengikut, ‘My Team Plan’ untuk 75 peserta, dan ‘My Company Plan’ yang dapat memuat 150 pengikut. Semuanya dapat diakses berbayar buat bulanan maupun tahunan.

Baca juga: Sejarah Singkat Menerjang Perkembangan Komputer