SETIAP manusia memiliki sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah atau bentuk kardiovaskular adalah suatu sistem bagian yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu serta pH tubuh.

Ilmuwan Inggris William Harvey menjelaskan mengenai sistem peredaran darah yang dipompakan oleh jantung ke seluruh awak. Secara sains dijelaskan ada pandangan kimia yang terjadi dalam usus. Dari sana dapat diketahui bahwa zat yang diekstrak dari makanan masuk ke aliran darah mencuaikan sistem yang kompleks.

Baca pula: Alquran dan Sains Jelaskan Isyarat Bulan Terbelah

Ada kalanya menggunakan hati, tergantung pada jenis kimianya. Darah akan membawa hasilnya ke semua organ tubuh, salah satunya adalah ke kelenjar susu sebagai penghasil susu.

Dalam istilah sederhana, zat-zat tertentu sejak usus masuk ke pembuluh dalam dinding usus itu sendiri. Zat inilah yang kemudian diangkut oleh aliran darah ke berbagai bagian.

Konsep tersebut ternyata sudah lama dijelaskan dalam wacana suci Alquran. Demikian diungkapkan di buku ‘Alquran vs Sains Baru Menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dan kawan-kawan.

Baca juga: Alquran & Sains Ungkap Manfaat Simbiosis bagi Hewan

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman di dalam Surah An-Nahl ayat 66:

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pengajian bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berkecukupan dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan pembawaan, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya. ” (QS An-Nahl: 66)