SETIAP smartphone kini sudah dilengkapi teknologi layar sentuh ( touch screen ). Sifat ini mempermudah pengguna dalam mengoperasikan ponsel pintar tersebut.

Lalu agar layar sentuh smartphone tidak mudah rusak, pengguna menetapkan menjaga dan melakukan perawatan. Misalnya hindari meletakkan ponsel di tempat yang rawan terbentur atau menetes.

Baca juga: Atasi Kecanduan Gadget pada Anak, Perhatikan 5 Situasi Ini

Kemudian sebaiknya pengguna tak menaruh ponsel di ujung ataupun tepi meja, sehingga mencegah ponsel terjatuh saat meja terguncang ataupun tersenggol tanpa disengaja.

Selain itu, ada beberapa trik praktis merawat layar sentuh hp agar tidak mudah rusak. Berikut caranya, sebagaimana dikutip dari laman Wikihow .

Gunakan Kaca Pelindung

Pengguna menetapkan melindungi layar ponsel dengan cermin pelindung atau tempered glass screen protector. Kaca lentur ini sanggup melindungi layar ketika jatuh atau tergores.

Selain itu manfaat dari tempered glass bisa untuk keamanan, mengurangi risiko cedera karena sifatnya yang membelah menjelma potongan kecil bukan pecahan cendekia. Kemudian berkat proses pemanasan serta penerapan bahan kimia yang baik maka tempered glass bisa memperkuat kaca ponsel.

Smartphone. (Foto: Oliur/Unsplash)

Rutin Mengendapkan dengan Kain Halus

Lebih lanjut pengguna pula perlu secara rutin membersihkan layar ponsel dengan kain halus seolah-olah microfiber cloth. Kain yang normal digunakan untuk mengelap kacamata serupa bisa diaplikasikan. Sebelum mengelap layar, pastikan layar smartphone sudah dinonaktifkan.

Ketika mengelap layar, disarankan melakukan gerakan memutar untuk menghasilkan daya pembersihan yang maksimal. Apabila benar-benar diperlukan, kain penyuci bisa dibasahi dengan cairan khusus.

Baca juga: Baterai Ponsel Cepat Habis? Kontrol 5 Hal Ini

Pakai Pelindung Bodi Hp

Pada setiap ponsel yang hadir di kelas umumnya memiliki aksesori seperti softcase atau pelindung bodi. Pengguna mampu menggunakan pelindung bodi ponsel itu untuk berjaga-jaga apabila ponsel melorot ke lantai. Menggunakan pelindung ataupun silicon case bisa membantu meredam benturan keras pada layar singgung ponsel.

(han)