SEJAUH tersebut tes covid-19 melalui metode ulangan swab dilakukan oleh petugas kesehatan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Namun, muncul kehebohan tentang artis yang melakukan ulangan swab sendiri. Di antaranya tersedia penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) dan Edric Tjandra yang mengunggah momen tes swab sendiri tersebut melalui akun Instagram-nya.

Berbeda dengan Edric, BCL melangsungkan tes swab bukan pada dirinya sendiri, melainkan terhadap teman-temannya, yakni Vidi Aldiano dan Nino “RAN” saat berkunjung ke rumahnya.

Baca selalu: Demi Bertemu Bunga Citra Lestari, Vidi Aldiano Wajib Tes Swab

Hal ini akhirnya memunculkan perdebatan tentang apakah aman jika melakukan tes swab sendiri?

Di luar perdebatan itu, rupanya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Keburukan Amerika Serikat (CDC) telah memiliki panduan untuk melakukan tes swab sendiri yang aman.

Berikut tata caranya, seperti dikutip dari situs resmi CDC , Kamis (10/12/2020).

1. Siapkan test kit dari penyedia layanan kesehatan.

2. Pakai hand sanitizer dengan setidaknya 60 persen alkohol. Tuang ke permukaan tangan serta gosokkan hingga terserap.

3. Keluarkan alat tes swab dari medan dengan hati-hati agar tidak mengenai ujung lunak yang merupakan ujung penyerap atau pengambil sampel.

4. Masukkan seluruh ujungnya ke dalam lubang hidung Kamu, tetapi jangan masukkan kapas bertambah dari 1, 5 cm ke dalam hidung.

5. Putar kapas secara perlahan secara melingkar ke bagian dalam lubang hidung Anda setidaknya empat kala selama total 15 detik. Pastikan untuk mengumpulkan sampel dari indra.

Baca juga: CDC: Wisatawan Internasional Wajib 3 Kali Tes Covid-19

6. Lepaskan alat dengan hati-hati.

7. Memakai alat yang sama, ulangi siasat 4 sampai 6 di lubang hidung yang lain.

8. Tempatkan alat tersebut dalam sebuah tabung kecil khusus berulir dalam bagian atasnya (cryotube) dan patahkan tangkai plastik alat swab kemudian tutup rapat.

9. Gunakan kembali hand sanitizer.

10. Tempatkan tabung tersebut ke dalam kantong biohazard dengan disediakan dan tutup kantongnya.