POPCORN atau berondong jagung ialah salah satu makanan ringan naik daun di dunia. Kehadirannya sering mengawani banyak orang ketika sedang santai.

Popcorn termasuk makanan bugar, karena berasal dari biji jagung utuh yang mengandung beberapa nutrisi penting. Sayangnya, banyak yang menjual popcorn dengan tambahan gula serta garam berlebih sehingga kurang bugar. Jadi, penting untuk memilihnya dengan benar.

Baca juga: Sejak Kapan Popcorn Jadi Camilan Populer di Bioskop? Ini Jawabannya

Guna mendapatkan popcorn yang sehat, hanya dibutuhkan tiga sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa dan setengah gayung teh garam untuk setengah cangkir biji jagung.

Berserakan apa saja nutrisinya? Simak selengkapnya, sebagaimana dikutip dari laman Healthline , Kamis (7/1/2021).

1. Fakta nutrisi popcorn

Banyak yang tidak pandangan nutrisi-nutrisi penting dari popcorn. Padahal, sudah banyak penelitian yang melilitkan konsumsi biji-bijian dengan manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan dan kemerosotan risiko penyakit jantung. Sebagai sasaran yang berasal dari jagung, popcorn diperkaya vitamin, mineral, dan macet. Selain itu, popcorn memiliki total 387 kalori, 13 gram zat putih telur, 78 gram karbohidrat, dan 5 gram lemak.

Baca juga: Popcorn ala Hidup di Rumah, Ini Caranya Membuatnya

2. Tinggi antioksidan polifenol

Studi yang dilakukan University of Scranton menunjukkan bahwa popcorn diperkaya antioksidan polifenol. Ini baik untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan kelanjutan radikal bebas. Selain itu, popcorn bisa juga memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menyandarkan risiko banyak penyakit.