TIDAK dipungkiri, sebagian besar orang tua merasakan khawatir untuk memberikan es krim sebagai menu camilan kepada bani. Ketakutan tersebut, biasanya didasari sebab kecemasan takut anak menjadi flu dan batuk.

Tabib Attila Dewanti, Sp. A (K) menyebutkan, jika memang anak di dalam kondisi sehat dan tidak memiliki alergi, pilihan menu es krim sebagai camilan di antara jadwal tiga kali makanan pokok dengan utama itu sah-sah saja loh.

“Memang orang tua suka takut kasih es krim, sebetulnya es krim enggak bikin anak batuk pilek ataupun flu. Ya kalau sehat ya enggak apa-apa, tapi harus cakap anak itu ada alergi ataupun enggak, ” jelas dr. Attila, dalam konferensi pers virtual “Paddle Pop Pentingnya Memilih Cemilan Cara Untuk Tumbuh Kembang Anak”.

bayi

“Kalau misalnya ada tambo, alergi debu, dingin, hati-hati itu yang membuat si kecil terpicu, ” tambah dia.

Lantas, berapa batasan usia budak sudah bisa mengonsumsi es krim sebagai camilan? Dokter Attila memasukkan, sebetulnya orangtua sudah bisa menganjurkan es krim untuk menu camilan pendamping, sejak anak usia satu tahun.

“Asal anak tidak ada alergi dingin atau susu. Alergi susu atau santai inilah yang memicu pilek. Es krim aman selama anak segar dan enggak radang, ” katanya.

(mrt)