ALERGI kulit bisa dialami siapa saja dan kapan selalu. Seperti pada kasus mendadak alergi kulit saat work from home (WFH) atau bekerja dari rumah kala masa pandemi covid-19. Kondisi ini disebut bisa saja terjadi karena penderita mengalami stres.

Terkait hal itu, dokter ahli kulit dan kelamin Raendi Rayendra mengatakan stres adalah faktor istimewa yang bisa memicu timbulnya alergi kulit. “Disebut sebagai faktor istimewa karena menjadi faktor yang menyesatkan sering menjadi pencetus alergi, ” ungkapnya, seperti dinukil dari Antara , Senin (1/2/2021).

Baca juga: Supaya WFH Jadi Lebih Nyaman, 4 Hal Ini Kudu Ada di Ruang Kerja Kamu

Dia menjelaskan, stres dapat memusingkan beberapa hormon yang secara tak langsung mengaktifkan reaksi alergi, terutama rasa gatal. Dia mencontohkan, menemui gatal atau alergi bisa lahir pada pelajar ketika stres menjumpai ujian.

Ilustrasi covid-19. (Foto: Shutterstock)

Dikutip dari WebMD , stres membuat awak memproduksi hormon seperti kortisol dengan memerintahkan kelenjar kulit memproduksi bertambah banyak minyak. Kulit berminyak bertambah mudah berjerawat dan terkena urusan kulit lainnya.

Baca juga: Masih Harus WFH, Simak 4 Tips untuk Jaga Daya

Tak ada salahnya berkonsultasi kepada psikolog bila merasa tertekan, hal dengan lazim terjadi di tengah status yang serba tidak pasti.

Gatal juga bisa dikarenakan kulit kering akibat terlalu periode berada di ruangan berpendingin suasana. Pelembap jadi benda wajib yang harus dipakai secara rutin perlu menjaga kondisi kulit.