Nama selebgram sekaligus Crazy Rich PIK, Helena Lim mendadak penuh jadi perbincangan karena diketahui sudah mendapatkan vaksin Covid-19 di Puskesmas daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Sebagian berpendapat, Helena tak sepantasnya mendapatkan vaksin Covid-19 gelombang pertama yang diperuntukkan buat tenaga kesehatan atau nakes. Namun sebagian opini menyebutkan, Helena termasuk sebagai tenaga kesehatan dengan membawa surat sebagai apoteker.

Helena divaksin

Klub kini tengah kebingungan, sebetulnya apa definisi jelas orang-orang yang menyelap dalam kriteria sebagai tenaga kesehatan di Indonesia?

Berdasarkan Undang-Undang Republik Nusantara, Nomor 36 Tahun 2014 Mengenai Tenaga Kesehatan, dalam pasal 11 yang disebut sebagai tenaga kesehatan di Indonesian itu dikelompokkan ke dalam 13 kategori yakni jadi berikuit:

a. tenaga medis;

b. tenaga psikologi klinis;

c. tenaga keperawatan;

d. tenaga kebidanan;

e. tenaga kefarmasian;

f. tenaga kesehatan masyarakat;

g. tenaga kesehatan lingkungan;

h. tenaga gizi;

i. tenaga keterapian wujud;

j. tenaga keteknisian medis;

k. tenaga teknik biomedika;

l. tenaga kesehatan tradisional; dan

m. tenaga kesehatan asing.

Masih dalam bab yang sama, dijelaskan bahwa jenis tenaga kesehatan yang termasuk di dalam kelompok tenaga medis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf an itu adalah dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dan dokter gigi spesialis.

Lalu jenis tenaga kesehatan yang masuk di dalam kelompok tenaga psikologi klinis sama dengan dimaksud pada ayat (1) tulisan b adalah psikologi klinis. Dilanjutkan, dengan jenis Tenaga Kesehatan dengan ada dalam kelompok tenaga keperawatan seperti dimaksud pada ayat (1) huruf c terdiri atas berbagai jenis perawat.

Tatkala yang masuk dalam kelompok gaya kebidanan pada ayat (1) huruf d adalah bidan, dilanjutkan secara yang termasuk dalam kelompok gaya kefarmasian sebagaimana dimaksud pada bagian (1) huruf e terdiri arah apoteker dan tenaga teknis kefarmasian.

Untuk kelompok gaya kesehatan masyarakat yang disebut dalam ayat (1) huruf f itu terdiri dari, para epidemiolog kesehatan, tenaga promosi kesehatan dan menuntut perilaku, pembimbing kesehatan kerja, gaya administrasi dan kebijakan kesehatan, tenaga biostatistik dan kependudukan, serta tenaga kesehatan reproduksi dan keluarga.

Dilanjutkan dengan jenis tenaga kesehatan ayat (1) huruf g, kelompok tenaga kesehatan lingkungan terdiri atas tenaga sanitasi lingkungan, entomolog kesehatan, dan mikrobiolog kesehatan. Seterusnya ada kelompok tenaga gizi dengan disebut dalam ayat(1) huruf h itu terdiri atas nutrisionis & dietisien.

Selanjutnya yakni kelompok tenaga keterapian fisik dengan disebut di ayat (1) huruf i terdiri atas fisioterapis, okupasi terapis, terapis wicara, dan akupunktur. Kelompok tenaga keteknisian medis dengan dimaksud di ayat (1) tulisan j itu adalah para perekam medis dan informasi kesehatan, teknik kardiovaskuler, teknisi pelayanan darah, refraksionis optisien/optometris, teknisi gigi, penata anestesi, terapis gigi dan mulut, & audiologis.

Tiga golongan terakhir, kelompok tenaga teknik biomedika adalah orang-orang yang bekerja jadi radiografer, elektromedis, ahli teknologi laboratorium medik, fisikawan medik, radioterapis, & ortotik prostetik. Kemudian, golongan Gaya Kesehatan tradisional, terdiri atas tenaga kesehatan tradisional ramuan dan gaya kesehatan tradisional keterampilan. Terakhir, di dalam ayat (1) huruf m yang masuk dalam kategori Tenaga Kesehatan tubuh lain itu adalah yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Namun seperti diketahui, pemilik Apotik Bumi Elly mengakui bila jiwa crazy rich PIK Helena Lim merupakan partner bisnisnya. Karenan itu, Helena Lim layak mendapatkan vaksin. Alasan yang cukup mengejutkan ya?

“Bapak liat aja kami orang yang terdepan bertemu pasien, seharusnya wajar kita mendapatkan vaksin itu dan memang apotik ditunjuk untuk mandapatkan itu, ” kata Elly ditemui wartawan dalam Apotik Bumi, Green Garden, Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (9/2/2021).

(DRM)