DEPARTEMEN Kesehatan (Kemenkes) menyatakan terdapat penurunan etiket merawat gigi dan menduri selama pandemi covid-19. Real, sebuah penelitian menunjukkan risiko komplikasi covid-19 meningkat terhadap pasien yang mengalami naik gusi.

Tentunya kebiasaan bekerja dari panti bukan menjadi alasan untuk menomorduakan kesehatan gigi & mulut. Sebab, kesehatan gigi dan mulut memegang kontribusi penting bagi manusia.

Baca juga: Tetap Dikerjakan saat Ramadhan, Vaksinasi Covid-19 Tak Batalkan Puasa Kenapa

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas. relawan, Senin (5/4/2021), berikut cara yang bisa dilakukan agar kesehatan tubuh gigi dan mulut mampu tetap terjaga di era pandemi covid-19. Yuk disimak.

Ilustrasi kesehatan gigi dan mulut. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1. Rutin melampas gigi saat pagi sesudah sarapan dan malam pra tidur.

2. Melakukan kontrol ke tabib gigi setiap 6 kamar sekali. Tentunya memerhatikan adat kesehatan ketika hendak berkunjung ke dokter gigi.

3. Bagi penderita covid-19, berkumur dua kala sehari menggunakan cairan povidone iodine dapat menurunkan total virus SARS-Cov-2 yang tersedia di rongga mulut.

Baca selalu: Waspadai Penyakit Ini Semasa Musim Pancaroba di Kala Pandemi

Dengan mengikuti cara tersebut, masyarakat diimbau untuk lebih rajin & rutin menjaga gigi serta mulut selama masa pandemi covid-19.

(han)