MASKER menjadi salah satu benda dengan wajib digunakan selama kala pandemi covid-19. Pasalnya, masker dapat melindungi seseorang dari risiko penularan virus corona saat sedang beraktivitas. Meski demikian, masih banyak orang yang belum patuh memakai masker.

Merangkum dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Rabu (7/4/2021), berdasarkan monitoring kepatuhan protokol kesehatan tubuh tingkat nasional per 28 Maret 2021 mencatat tersedia lima tempat di mana orang sering tidak setia menggunakan masker.

Baca juga: Masker Medis vs Masker Kain, Mana Lebih Ampuh Cegah Covid-19?

Masker. (Foto: Freepik)

Lima tempat tersebut meliputi:

satu. Restoran atau kedai

2. Rumah

3. Tempat gerak publik atau RPTRA

4. Jalan umum

5. Terminal

Baca juga: Awas Masker Tiruan, Kemenkes Beberkan Ciri-cirinya

“Pada perinsipnya setiap ada interaksi atau aktivitas fisik antara kita bersama karakter lain, protokol kesehatan kudu diterapkan, utamanya 3M. Menggunakan masker dengan tepat menutupi hidung dan mulut datang dagu, menjaga jarak dan hindari kerumunan, dan membasuh tangan menggunakan sabun beserta air mengalir, ” tulis unggahan tersebut.

Posting-an tersebut juga mengundang masyarakat untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada. Terlebih ketika sedang beraktivitas bersama orang lain. Disiplin menjalankan protokol kesehatan berfungsi menjaga diri dan orang-orang di sekitarnya.

(han)