PANDEMI covid-19 tidak hanya membawa dampak buruk, tetapi ternyata tersedia juga positifnya. Salah satunya yang cukup menarik perhatian dunia adalah banyak bani muda tertarik belajar ilmu dan ilmu kesehatan.

Pusat-pusat pendidikan pada Inggris telah mencatat pengembangan yang signifikan dalam pendaftaran kursus seperti ilmu biomedis dan farmakologi pada klan remaja. Kebanyakan dari mereka tertarik karena ingin terkebat menghentikan pandemi yang barangkali akan terjadi di lalu hari.

Baca selalu: Cegah Masalah Kesehatan Sukma Akibat Pandemi, Atasi dengan Cara Ini

Pada Februari 2021, penerimaan mahasiswa di Universities and Colleges Admissions Service (UCAS) untuk kursus keperawatan meningkat hampir tiga kala lipat dari tahun sebelumnya. Kebanyakan dari calon mahasiswa berusia 18 tahun serta siswa dewasa berusia 35 tahun ke atas.

UCAS sendiri tak berani menjadi representatif dari fenomena ini, tapi laman HuffPost melakukan kajian perkara peningkatan mahasiswa sains & ilmu kesehatan serta terlihat data yang positif.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

Di Kingston University, calon mahasiswa keperawatan meningkat 67 persen dan program kebidanan meningkat 26 persen. Sementara ilmu biologi naik 36 persen, farmasi 32 tip, dan ilmu biomedis terangkat 25 persen.

Dokter Gianpero Calabrese, pembimbing farmasi di salah satu universitas di London Selatan, Inggris, mengatakan bahwa lonjakan minat anak muda ini menunjukkan betapa banyak milenial yang menyadari pentingnya karakter perawatan kesehatan dan pengetahuan berbasis sains bagi klub.

Mengaji juga: Hadapi Darurat Covid-19, Jepang Batalkan Seremonial Obor Olimpiade

“Pandemi covid-19 memberi peran penting daripada peningkatan minat tersebut, ” ungkap dr Julia Gale, kepala keperawatan universitas tersebut.

“Masyarakat tahu bahwa begitu besar peran perawat ataupun tenaga kesehatan tubuh di masa pandemi itu. Mereka bekerja keras menyelamatkan nyawa orang lain, kaum mungkin rela mengorbankan keselamatan nyawanya demi kesembuhan orang lain. Ini membuat profesi tersebut dianggap sangat dihormati, ” tambahnya.