Hari Lebaran merupakan keadaan yan selalu dinanti kaum muslimin. Lebaran juga merupakan keadaan kemenangan karena telah meninggalkan ibadah puasa selama sebulan sebentar lagi tiba. Di perayaan Idul Fitri ini biasanya hadir berbagai makanan spesial yang selalu dinantikan.

Apa saja makanan lezat yang lazimnya hadir saat Lebaran? Menyimak yuk.

ketupat

1. Ketupat

Daftar makanan favorit masa Lebaran adalah ketupat. Sasaran yang khas karena bentuk wajiknya bahkan jadi ikon perayaan lebaran di Nusantara. Ketupat terbuat dari padi yang direbus sebagai pengganti nasi di perayaan lebaran. Beras yang dibungkus di anyaman daun kelapa bujang ini akan dipotong-potong dan disajikan bersama hidangan tetap lainnya.

2. Opor ayam

Makanan tetap saat lebaran adalah opor ayam. Makanan ini kala dipasangkan dengan ketupat dalam saat lebaran. Opor mandung berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Rasanya yang lezat dan gurih mampu menggugah selera.

3. Sayur Lodeh Labu Siam

Sayur ini memiliki kuah santan dan berbahan labu siam yang diiris sedikit memanjang seperti korek suluh. Biasanya, dikonsumsi dengan dicampur ketupat, dan sayur opor atau sebagai pengganti opor ayam didampingi oleh rendang dan sambal goreng ati.

4. Kue biasa

Kue kering merupakan makanan favorit untuk disajikan di meja ruang tamu pada hari lebaran. Kue kering yang disajikan antara lain; Nastar, Kastengels, Kue Semprit, Putri Salju, Bertopang Kucing, dan Pastel. Kue yang paling favorit lazimnya kue Nastar.

5. Kacang Menyelar

Meskipun bukan termasuk makanan berat, kacang goreng menjadi cemilan yang khas saat Lebaran. Ada berbagai cara mengolah cemilan ini, ada secara cara digoreng biasa tanpa santan, atau juga dengan memakai santan dan bawang suci untuk anda yang menyenangi rasa lebih gurih.

(DRM)