SIAPA sangka, kismis yang berukuran kecil dan tampilan keriput ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Rasa kismis juga manis, tidak seburuk penampilannya.

Zona, apa saja manfaat kesehatan tubuh kismis? Berikut penjelasannya, semacam dilansir laman Stylecraze , Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan, Lengah Satunya Merawat Gigi

1. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi kismis secara rutin dapat memberi pengaruh pencahar pada perut serta membantu meredakan sembelit. Pasalnya, kismis mengandung banyak serat yang baik.

Kismis. (Foto: Stylecraze)

2. Membantu melawan anemia

Kismis yang berukuran kecil ternyata mengandung banyak zat besi dan vitamin B kompleks. Kandungan ini sangat baik untuk membangun mengobati anemia atau kekurangan darah. Zat tembaga yang ada dalam kismis juga membantu memproduksi sel pembawaan merah yang ada dalam tubuh.

3. Mencegah kanker

Kismis mengandung antioksidan bernama cateching. Kandungan inilah yang dapat membantu melindungi tubuh dari aktivitas radikal sunyi yang dapat menyebabkan tumor dan kanker usus tumbuh.

Menyuarakan juga: 5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

4. Mengobati infeksi

Menggunakan kismis secara rutin mampu membantu mengurangi risiko demam dan dapat membunuh kuman jahat dalam tubuh. Sebab, kismis mengandung fitonutrien polifenol yang dikenal sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Sifat antibakteri inilah yang dapat mengobati infeksi.